Crossing the Blues

Thursday, December 30, 2010

Alasan Pria Tidur Setelah Berhubungan Intim

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Berpelukan dan bermanja-manja setelah berhubungan seks menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi wanita. Namun, kegiatan tersebut tidak selamanya bisa dilakukan, kerap kali para pria membuat wanita kesal karena mereka langsung terlelap setelah bercinta.

Ternyata ada alasannya mengapa pria langsung terlelap usai berhubungan intim. Seperti dikutip dari stbotanica, berikut alasan pria merasa ngantuk setelah bercinta.

1. Alasan mengapa pria tidur setelah berhubungan intim adalah setelah orang kelelahan fisik akan ngantuk. Secara tekhnis, pelepasan sperma memicu pelepasan endorfin yang membuat otot menjadi rileks dan memberi sinyal ke otak untuk tidur tenang.

2. Alasan lain pria tidur setelah berhubungan seks adalah tubuh melepaskan stimulan prolaktin. Prolaktin akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Tingkat prolaktin lebih tinggi pada pria setelah berhubungan seks.

3. Pria cenderung menahan nafas atau bernafas pendek selama berhubungan seks. Hal ini menghalangi oksigen masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan kelelahan yang membuat rasa kantuk berlebihan.

Meskipun reaksi kantuk yang tak terkandali, tapi pria bisa bertahan selama lima menit setelah berhubungan intim. Manfaatkan waktu tersebut untuk bermanja-manja dengan pasangan.