Crossing the Blues

Thursday, December 30, 2010

Efek Samping Masturbasi Yang Berlebihan Pada Pria

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Masturbasi merupakan tanda kehidupan seks yang sehat. Namun, jika masturbasi terlalu sering dan berlebihan dapat berpengaruh terhadap kesehatan seksual umum.

Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam masturbasi. Pria lebih sering masturbasi daripada wanita. Pria muda mengalami masturbasi yang lebih dibanding pria dewasa yang telah berumur. Mereka yang berusia 20-an bisa mengalami masturbasi setiap hari dan bahkan beberapa kali sehari tergantung pada produksi hormon dan gaya hidup.

Namun, masturbasi yang berlebihan dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti dikutip dari article base, berikut ini efek samping yang ditimbulkan dari masturbasi berlebihan.

1. Pria yang melakukan masturbasi terlalu sering dapat menyebabkan lecet pada alat vitalnya.

2. Masturbasi yang terlalu sering juga menyebabkan sperma keluar berlebihan sehingga dapat menyebabkan impoten dikemudian hari.

3. Efek lainnya adalah merasa kelelahan sepanjang waktu, sakit pinggang, penipisan rambut atau rambut rontok, melemahnya ereksi, nyeri atau kram pada rongga panggul.

Idealnya pria mengalami ejakulasi sebanyak satu kali sehari. Menurut penelitian, pria yang ejakulasi lebih dari lima kali seminggu dapat mencegah kanker prsotat dan membentuk sperma yang sehat.

Padahal jika mengalami masturbasi yang tidak berlebihan dapat memberi efek positif terhadap tubuh. Masturbasi dapat mengurangi stress dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.