Crossing the Blues

Wednesday, January 26, 2011

Astaghfirullah...10 Tahun Mantan TKW Hidup dalam Pasungan

Astaghfirullah...10 Tahun Mantan TKW Hidup dalam Pasungan
REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR - Mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cianjur, Jawa Barat, Rumaeni binti Aminah (29), sejak sepuluh tahun terakhir hidup dalam pasungan. Ia mengalami gangguan kejiwaan sepulangnya dari Arab Saudi.
TKW malang tersebut, terpaksa dipasung keluarganya di sebuah kursi, di bagian dalam rumah yang terletak di Kampung Lembur Tengah, Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Cianjur selatan. Menurut Aminah, ibu kandungnya,  sejak pulang dari negeri orang itu, Rumaeni sering mengamuk . Bahkan dia sering berlari ke luar rumah dan memaki setiap orang yang dijumpainya.
"Takut merusak dan menganiaya orang lain, kami terpaksa memasungnya diatas kursi ini, sejak tahun 1998, tepatnya setelah pulang dari Saudi  untuk kedua kalinya," kata Aminah.
Gangguan kejiwaan yang dialami Rumaeni, terjadi setelah pulang bekerja selama dua tahun . Namun pihak keluarga tidak tahu pasti, apa penyebab Rumaeni mengalami hal tersebut. Sedangkan pihak keluarga baru menerima kabar dari jasa angkutan pemulangan TKI yang memulangkan dan menitipkan Rumaeni di Mapolsek Agrabinta.
Hasil diagnosa rumah sakit, Rumaeni menderita penyakit syaraf paru-paru atau tertulis sebagai  "terasektomi dan bikumitus". "Kami hanya bisa berpasrah diri dengan nasib yang diderita anak kami. Kami hanya mampu membawanya ke orang pintar karena ke rumah sakit, kami tidka punya biaya," ucapnya lirih.sumber:yahoo.com