Crossing the Blues

Saturday, January 8, 2011

Di Madura 3 Desa Di Sapu Puting Beliung


Ilustrasi

Sebanyak empat bangunan milik warga Desa Banmaleng, Pulau Giliraja, Kecamatan (Pulau) Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (8/1/2011).
Kepala Desa Banmaleng Moh Rakib menjelaskan, angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya bersamaan dengan hujan Sabtu siang. “Kejadiannya sekitar pukul 12.15 WIB. Angin puting beliung tersebut hanya melanda satu kampung di wilayah kami, yakni Dusun Komaddu, dan merusak empat bangunan,” katanya melalui telepon.
Empat bangunan tersebut berupa dua kandang sapi, gudang penyimpanan ikan teri, dan satu rumah. “Dua kandang sapi milik warga hancur berantakan. Angin puting beliung kemungkinan besar sampai mengangkat dua kandang sapi tersebut. Posisi dua kandang sapi yang terbuat dari kayu itu bergeser dari tempat semula,” ujarnya.
Kerusakan di gudang penyimpanan ikan teri juga cukup parah. Bagian atasnya beterbangan diterjang angin puting beliung yang datang tiba-tiba itu.
“Selain asbes, sebagian kayu yang menjadi tempat penyangga asbes tersebut juga terkena angin puting beliung. Saat ini, bagian atas gudang penyimpanan ikan teri tersebut bolong,” paparnya.
Sementara kerusakan yang terjadi pada salah satu rumah warga Dusun Komaddu hanya genteng yang beterbangan terkena angin puting beliung.
“Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah kami pada Sabtu ini,” kata Rakib.
Informasi dari Camat Giligenting, Baihaki, angin puting beliung di wilayah tersebut melanda tiga desa, yakni Desa Lombang, Banbaru, dan Banmaleng.