Crossing the Blues

Monday, February 14, 2011

Catatan Dalam Mendidik Anak


Sekolah pada hakekatnya merupakan tempat yg digunakan untuk anak mendapatkan pendidikan hingga ia beranjak dewasa. Akan tetapi, tanggung jawab pendidikan untuk anak bukan semata-mata menjadi tanggung jawab sekolah secara keseluruhan.
Kunci yg terpenting dalam menunjang pendidikan anak yg baik adalah keterlibatan Apabila orang tua dapat terlibat langsung dalam proses pendidikan anak baik di sekolah maupun di luar sekolah, maka akan membantu meningkatkan prestasi pendidikan anak yg bersangkutan.
Dibawah ini beberapa hal yg perlu menjadi catatan orang tua dalam pendidikan anak
1. Dukungan lahir dan batin dari orang tua
Dalam hal ini orang tua sebaiknya selalu memberikan perhatian yg besar kepada anak-anak mereka serta menanamkan kepada mereka nilai serta tujuan dari pendidikan yg mereka tempuh.
2. Bekerja sama dengan Guru atau Wali Kelas
Biasanya ketika muncul masalah-masalah, barulah para orang tua menghubungi guru atau walikelas anak-anak mereka. Sebaiknya, orang tua harus mengenal guru atau walikelas di sekolah dan menjalin hubungan yg baik dengan mereka. Berkominikasilah dengan guru untuk perkembangan pendidikan anak.
Guru juga perlu diberikan informasi mengenai sebagai orang tua sangat memandang penting pendidikan untuk anak di sekolah sebagai bagian dari kehidupannya. hal ini akan membuat guru lebih memperhatikan anak.
3. Sediakan waktu untuk anak
Selalu dan selalu sediakan waktu yg cukup banyak bagi pendidikan anak. Apabila anak pulang sekolah umumnya mereka cukup pusing dengan beban pekerjaan rumah atau tugas, ulangan maupun hal lainnya. Sebuah hal yg ideal apabila orang tua ada yg berada di rumah pada saat anak hendak sampai ke rumah, sehingga hal itu membantu proses pendidikan anak yg bersangkutan.
4. Perhatikan kegiatan belajar di rumah
Tunjukan bahwa sebagai seorang orang tua berminat pada pendidikan anak anda sendiri. Pastikan anak-anak sudah mengerjakan pekerjaan rumah mereka.
Wajibkan diri untuk mempelajari sesuatu bersama anak-anak. Membacalah bersama-sama mereka, agar pendidikan yg mereka dapatkan benar-benar bermanfaat dan mereka sukai.
5. Ajarkan rasa tanggung jawab
Sekolah pada umumnya akan memberikan banyak tugas untuk dipersiapkan anak di rumah dan di sekolah.  Cobalah mulai memberikan anak pekerjaan rumah tangga rutin seperti membersihkan tempat tidur mereka sendiri.
Sehingga mereka dapat terbiasa untuk mendapatkan pendidikan tanggung jawab, yg tentunya sangat mereka butuhkan agar berhasil di dunia pendidikan sekolah dan di kemudian hari dalam kehidupan.
6. Belajar disipin
Jalankan disiplin dengan tegas namun dengan penuh kasih sayg. Apabila orang tua selalu menuruti keinginan anak, maka mereka akan menjadi manja dan tidak bertanggung jawab. memanjakan anak menimbulkan pergaulan bebas yg dapat merujuk pada seperti narkoba dan seks bebas.
7. Kesehatan
Menjaga kesehatan anak merupakan sesuatu hal yg penting bagi perkembangan pendidikan anak.
8. Menjadi seorang teman terbaik
Jadilah seorang teman terbaik bagi anak. Seorang anak membutuhkan semua teman yg matang yg bisa ia dapatkan.
Kerja sama yg baik dengan para guru atau wali kelas di sekolah juga dapat melindungi anak untuk mendapatkan pendidikan yg layak di sekolah.
Sumber: www.anneahira.com