Crossing the Blues

Tuesday, February 22, 2011

Sering Masturbasi Bikin Pria Sulit Ereksi?


Detail Berita
(Foto: gettyimages)
ANDA masih menikmati masturbasi empat kali sepekan untuk memuaskan birahi selain bercinta dengan pasangan. Belakangan, rasa cemas selama berhubungan seks kian menghantui hingga Anda mengurangi frekuensi masturbasi.

Dr Hernando Chaves, seksolog klinis yang berbasis di Beverly Hills mengatakan, sepatutnya Anda mempertimbangkan baik-baik keinginan untuk mengurangi intensitas masturbasi. Sebab, masturbasi dapat menjadi teman terbaik yang siap memberikan kenyamanan ketika Anda kesepian dan horny.

“Tergantung pada usia dan kesehatan Anda, masturbasi 3-4 kali per minggu seharusnya tidak boleh berdampak besar pada kesulitan ereksi. Jika Anda mengalami kesulitan menegang selama berhubungan seks dengan pasangan tapi mudah ereksi saat masturbasi, masalahnya bisa jadi lebih kepada situasional dan bukan fisiologis. Perbedaan besarnya, pasangan Anda hadir di satu situasi, tetapi tidak dalam situasi yang lain,” paparnya, seperti dikutip dari Askmen.

“Kemungkinan, Anda memiliki masalah kecemasan dan kegelisahan yang berdampak pada ereksi. Masalah ini cukup umum terjadi, terutama bila hubungan seksual baru dimulai. Dan, Anda tidak sendirian,” tambahnya.

Dr Chaves menegaskan, faktor-faktor psikologis (seperti rasa cemas dan takut tidak bisa ereksi) adalah alasan utama pria mengalami kesulitan mencapai ereksi.

Lantas, apa yang dapat Anda lakukan?

“Buat diri Anda semakin nyaman dengan pasangan untuk mulai menantang kecemasan. Bila Anda siap, maka situasi nonseksual yang erotis adalah cara baik untuk mulai mengatasi kecemasan seksual,” sarannya.

Beberapa aktivitas penambah keintiman bersama pasangan, misal menonton televisi bersama sambil bugil, menawarkan pijat tanpa seks, mandi berendam, mengeksplorasi tubuh masing-masing, berkomunikasi tentang seks-keintiman, dan sebagainya.

“Semua dapat membantu mengurangi kecemasan Anda selama di kamar tidur. Secara pribadi, saya akan lebih suka Anda mencoba saran ini daripada mengurangi masturbasi. Sebab, masturbasi berlebihan seharusnya tidak berpengaruh terhadap kesulitan ereksi,” tukasnya.sumber:okezone.com