Crossing the Blues

Wednesday, March 30, 2011

5 Kunci Jalin Hubungan Harmonis

Jalin hubungan harmonis (Foto: Corbis)
Jalin hubungan harmonis (Foto: Corbis)
MEMBINA hubungan harmonis untuk jangka waktu lama memang bukan pekerjaan mudah. Selain dibutuhkan rasa saling pengertian, Anda pun perlu mengedepankan rasa untuk saling menghormati dan saling menghargai.

Menjaga cinta ibarat menjaga nyala lilin agar tak cepat padam. Perlu usaha dan perjuangan ketika kerikil kecil menghantam perjalanan. Ya, sedianya memang tak ada cinta yang terlewati secara mulus tanpa aral apapun.

“Menjaga cinta dalam sebuah hubungan adalah memahami masing-masing pasangan dan bekerja keras untuk menjaga jalur komunikasi tetap terjalin baik,” kata Josh Klapow dari Universitas Alabama di Birmingham.

Klapow mengatakan hubungan tak akan berlangsung lama jika komonukasi tidak ada.

“Komunikasi yang minim hanya menciptakan kerenggangan hubungan dengan pasangan dan akhirnya mengarah pada sebuah permasalahan besar. Jadi, menciptakan kebersamaan dan membangun komunikasi serta membuat keputusan bersama untuk kehidupan sangatlah penting,” katanya.

Klapow merekomendasikan beberapa panduanya berikut ini, seperti ditulis Idiva.

Tetapkan tujuan tertentu

Sebelum terlibat dalam pembicaraan secara lebih dalam, tanyakan pada diri masing-masing apa sebenarnya Anda inginkan? Pastikan tujuan Anda secara spesifik dan bukan atas tujuan tertentu. Agar lebih nyaman pergilah ke restoran tertentu di mana Anda bisa menikmati steak favorit sementara pasangan bisa mencicipi udang panggang dan Anda berdua pun bisa santai, tenang dan merasa lebih baik.

Monitor diskusi Anda

“Saat Anda membahas sebuah topik, pastikan Anda tetap berada di jalur komunikasi yang terarah. Sering kali yang terjadi di lapangan adalah pembahasan justru melebar ke topik lain dan akhirnya menyebabkan kejemuan, sementara topik utama yang jadi bahasan belum terselesaikan. Jadi, biarkan Anda berdua fokus ketika membicarakan sebuah topik hingga tujuan awal dari bahasan pokok tersebut tercapai.

Atur situasi untuk keberhasilan

Carilah waktu yang tepat untuk melakukan sebuah komunikasi. Ketika seseorang sedang lelah, lapar dan sibuk tentu bukan saat yang tepat untuk melakukan komunikasi. Keadaan tak sehat tersebut hanya akan mengganggu konsentrasi. Jadi sebelum Anda memulai diskusi, pastikan masing-masing dari Anda berada dalam situasi yang rileks dan punya cukup waktu. Jika tidak, meja diskusi akan kacau dan pembicaraan pun tak membuahkan hasil.

Saling mendukung satu sama lain

Sebuah keputusan bersama akan terjadi jika Anda berdua berada dalam sebuah diskusi yang tenang. Sebaiknya, bertindaklah untuk mengingatkan satu sama lain. Ingat, Anda berdua adalah sebuah tim yang memiliki tujuan bersama. Jadi keputusan yang diambil pun demi sebuah kemenangan kolektif. Karenanya, jangan pernah bersikap individual.

Berikan penghargaan terhadap diri sendiri

Berikan penghargaan atas kesepakatan yang terjalin di antara Anda dan pasangan. Anda dapat memberikan pelukan atau ciuman sebagai hadiah perayaan sebagai tanda bahwa Anda telah menyelesaikan tugas tersebut. Selain sebagai penghargaan terhadap diri sendiri, cara ini juga membantu Anda untuk termotivasi membuat keputusan bersama lagi.
source:okezone