Crossing the Blues

Monday, March 14, 2011

Cara Mengatasi Disfungsi ereksi Akibat Faktor Psikologis

Ternyata, meskipun anda telah makan dengan benar, rajin berolahraga, dan tidak merokok, anda kadang-kadang masih mengalami masalah disfungsi ereksi. Dalam hal ini, biang keladinya mungkin amarah, stres, atau masalah psikologis lain, kata Dr. Crenshaw. Berikut ini beberapa petunjuk cara mengatasi masalah disfungsi ereksi karena faktor psikologis:

  1. Cermati hubungan di antara anda berdua. Hubungan seksual sering mencerminkan apa pun yang terjadi bersama anda di luar tempat tidur. “Apabila hubungan anda dengan istri anda tidak sehat, impotensi mungkin merupakan isyarat dini yang diberikan oleh tubuh anda untuk mengatakan bahwa di antara anda terdapat masalah, maka anda harus mencoba menafsirkan isyarat tubuh ini untuk memahami makna tanggapan tersebut,” kata Herb Goldberg, Ph.D., seorang psikolog klinis di Los Angeles dan pengarang The Inner Male.
  2. Tinggalkan amarah anda di luar pintu. Amarah dapat menghambat rangsangan seksual, kata Domeena Renshaw, M.D., direktur Sexual Dysfunction Clinic di Loyola University of Chicago Stritch School of Medicine di Maywood. Contoh klasik dalam hal ini adalah cerita seorang pria yang baru bertengkar hebat dengan mantan istrinya seputar masalah jadwal kunjungan kepada putranya yang berusia tiga tahun. Perbantahan sengit itu terus terngiang-ngiang dalam kepalanya sampai malam tiba.
“Istri baru saya sudah mengenakan busana yang merangsang, dan ia sedang bergairah,” tuturnya. “Tapi yang ada dalam pikiran saya hanyalah bagaimana cara mencekik mantan istri saya yang menyebalkan itu. Ini berpengaruh kepada kemampuan saya.”
Ceritakan amarah dan frustrasi anda kepada pasangan anda di luar kamar tidur. Menyimpannya di dalam kepala hanya akan menghambat aliran darah ke alat vital anda. Tidak ada gunanya mencoba bersaing dengan anda sendiri. Anda tidak seperti ketika anda berusia dua puluh tahun. Wajar bila anda kehilangan sebagian spontanitas anda dalam kehidupan seks dibanding dahulu.
Jelas bahwa yang harus anda pikirkan sekarang lebih banyak, tanggung jawab anda lebih besar, persoalan anda lebih beragam, jadwal anda lebih ketat, begitu pula stres yang harus anda alami, kata Jack Jaffe, M.D., direktur Potency Recovery Center di Van Nuys, California.
Cara untuk menghindari masalah psikologis yang dapat mengganggu kemampuan anda adalah tidak berdiam diri menunggu keajaiban. “anda harus berupaya,” katanya. “Artinya, anda mungkin harus mencari pertolongan profesional untuk membicarakan apa yang anda butuhkan, apa pun bentuknya.”
source:seksualitas.net