Crossing the Blues

Thursday, March 24, 2011

Hati-Hati Kartu ATM Bisa Dicopy...!!!




Quote:
ATM merupakan sebuah kebutuhan hidup untuk saat ini. Dengan menggunkan ATM anda dapat menarik uang tunai atau melakukan transaksi di mana pun. Hal ini sangat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi.
Namun muncul pula jenis kejahatan teknologi dengan adanya ATM. Kejahatan pencurian data dan pencurian uang dapat juga ditimpa oleh pengguna ATM. Mungkin masih segar di ingatan kita, kasus hilangnya saldo tabungan para nasabah bank swasta nasional. Para nasabah tidak merasa melakukan penarikan uang melalui ATM, namun saldo tabunganya berkurang cukup besar. History yang tersimpan pada bank menuliskan bahwa nasabah melakukan penarikan uang melalui beberapa ATM.
Spoiler for skimmers





Dikutip Gadgeterminal dari krebsonsecurity, dengan menggunakan teknik Skimmers para pencuri dapat melakukan kejahatan ini. Para pencuri menggunakan sebuah alat untuk mendapatkan data ATM dari para calon korban. Alat ini dipasang pada mulut lubang untuk memasukkan kartu ATM. Sepintas alat ini nampak seperti mulut lubang tempat memasukkan kartu ATM. Namun alat ini dapat mengcopy data kartu ATM calon korban saat magnetic pada kartu melewati alat ini. Tidak hanya itu saja, alat ini juga dilengkapi dengan sebuah kamera kecil dan microfon yang digunakan untuk mengetahui password yang dimasukkan oleh calon korban. Data ini dapat disimpan di dalam SD Card.

Setelah data diperoleh, alat ini kemudian diambil sang pencuri. Ia kemudian membuat duplikat kartu ATM dari data yang diperoleh. Dengan berbekal kartu tersebut dan password yang direkam dengan kamera/microfon, sang pencuri dapat menarik dan menguras rekening korban.
Beberapa alat yang sudah canggih dapat mengirimkan data yang diperoleh melaui sms kepada pencurinya. Jadi pencuri tidak mendapatkan resiko tertangkap saat mengambil datanya. MaSuk
source:kaskus.us