Crossing the Blues

Monday, March 21, 2011

MENGAPA BERAT BADAN NAIK SETELAH MENIKAH, INILAH JAWABANNYA

http://matanews.com/wp-content/uploads/gemuk_gembrot.jpg

Setelah menikah dan tinggal bersama suami, kebanyakan wanita mengalami peningkatan bobot tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Newcastle University, Inggris.

Penelitian yang dilakukan dengan melihat kebiasaan makan 12.000 pasangan menikah di Eropa, Amerika Utara dan Australia menunjukkan tren yang disebut 'konvergensi makanan'. Yaitu, setelah dua orang tinggal bersama sebagai suami istri, wanita cenderung sering makan makanan instan dan pria justru memperbaiki kebiasaan makannya.

Selain ada tiga penyebab utama mengapa bobot tubuh meningkat setelah menikah. Ketahui penyebabnya dan cara mengatasi agar berat badan tidak semakin bertambah.

http://media.vivanews.com/thumbs2/2010/03/22/86967_pasangan_menikah_menjadi_gemuk_300_225.jpg

1. Mengikuti porsi pasangan

Tanpa Anda sadari, porsi makan Anda yang biasanya normal menjadi lebih banyak karena mengikuti kebiasaan makan pasangan. Makanan di tubuh lebih mudah menjadi otot dan bagi wanita perlu olahraga lebih keras untuk menjadikannya otot.

Untuk mengatasinya, saat pasangan menggunakan piring besar saat makan, Anda lebih baik pilih pring berukuran kecil dan setengahnya diisi sayuran.

2. Aktivitas makan jadi hiburan

Makan memang bisa menjadi hiburan yang sangat efektif terutama ketika Anda dan pasangan menghabiskan waktu bersama. Apalagi banyak yang menyebut kalau makanan ada pusat dari cinta. Saat dulu masih berkencan pasti seringkali waktu dihabiskan di restoran favorit. Kebiasaan ini pun dibawa ketika menikah.

Makan di luar cenderung membuat Anda dan pasangan makan lebih banyak. Biasanya tergoda dengan makanan penutup yang sangat manis dan tinggi kalori. Solusinya adalah memasak berdua di rumah.

Banyak pilihan resep makanan sederhana dan sehat. Sepulang kerja Anda bisa berbelanja bahan makanan dan cobalah masak berdua. Tidak hanya lebih sehat, hubungan Anda dan pasangan juga makin intim serta menghemat pengeluaran.

http://2.bp.blogspot.com/_vfga659OPHM/S7LpCU7YLZI/AAAAAAAAAA4/5bWYZ6LeT_w/s320/gemuk.jpg
3. Ngemil tengah malam

Pria seringkali tidur larut malam untuk menonton acara olahraga favoritnya atau menyelesaikan pekerjaan. Anda juga cenderung menemaninya meskipun akhirnya pergi tidur juga. Tetapi, ketika menemaninya, Anda akan bosan dan mencari camilan untuk mengatasinya.

Camilan yang dikonsumsi pun cenderung berkalori tinggi. Efeknya adalah bobot tubuh meningkat. Untuk menghindarinya, jangan beli camilan berkalori tinggi, apalagi menyetoknya dalam lemari makanan. Mungkin Anda berniat membelikan untuk pasangan tetapi justru dikonsumsi sendiri. Sediakan saja buah-buah segar untuk dikonsumsi. Karena hanya itu yang tersedia, Anda dan pasangan pun 'terpaksa' memakannya.

source : http://unic77.blogspot.com