Crossing the Blues

Thursday, March 10, 2011

Pemahaman Seksualitas

Seksualitas mencakup aspek biologis, psikologis, sosial, emosional, dan dimensi spiritual dari kehidupan kita. Seksualitas dimulai diri sendiri, hubungan kita dengan diri kita sendiri dan meluas ke hubungan kita dengan orang lain. Hubungan kita dengan diri kita sendiri termasuk bagaimana kita merasakan tentang diri kita sebagai manusia, sebagai makhluk seksual, sebagai laki-laki dan perempuan, dan bagaimana kita merasa tentang tubuh kita dan bagaimana kita merasakan aktivitas dan perilaku seksual.

Seksualitas

Hubungan kita dengan orang lain mungkin termasuk persahabatan, keintiman emosional, cinta, dan/atau kegiatan seksual. Hal menarik tentang seks adalah bagaimana Anda mendefinisikannya, sebagai individu, berdasarkan pengalaman dan perasaan. Ketika kebanyakan orang mengatakan mereka telah “bercinta” atau berbicara tentang “seks” berarti mereka senggama, tapi bagi banyak orang, bukan disitu masalah seksualitas.

Banyak dari kita mendefinisikan “seks” sebagai apa pun yang membangkitkan gairah seks kita dengan cara seksual. Bagi sebagian orang, yaitu hubungan vagina, tetapi untuk orang lain yang mungkin seks oral, masturbasi, digital seks, hubungan anal, seks dengan mainan seperti vibrator, atau bahkan berciuman dan petting. Karena orang-orang dan seksualitas mereka begitu berbeda, definisi tentang apa itu seks juga bervariasi. Benar-benar penting bahwa kita tidak bisa membiarkan orang lain menentukan apa itu seks untuk kita sebab bagaimana mungkin mereka tahu apa itu bagi siapa pun kecuali diri mereka sendiri?

Kita bisa memiliki pemahaman seks terbaik jika kita mencari tahu untuk diri kita sendiri tentang kehidupan seksual kita, alih-alih membiarkan orang lain memberi tahu kita tentang seksualitas. Kita semua orang yang sangat berbeda, dengan tubuh yang berbeda, pengalaman, keinginan dan tanggapan, dan apa itu seks adalah untuk satu orang, mungkin tidak untuk yang lain.

Memiliki defenisi lebih terbuka tentang seks juga membantu orang untuk mengingat untuk melakukan hubungan seks secara bertanggung jawab. Jika kita mengatakan hanya hubungan seks vagina, maka banyak orang berpikir bahwa melakukan hubungan seks dengan aman hanya dalam perilaku hubungan seks vagina dan anggapan ini tidak benar sama sekali.
Beri waktu diri Anda untuk menjelajahi apa artinya bagi Anda. Dalam pengalaman saya, semakin tua pengalaman seksual Anda lebih beragam, semakin Anda mulai menyadari bahwa banyak aspek dalam hal seksual.
Jika Anda memilih untuk melakukan hubungan seks menggunakan kondom lateks memberikan perlindungan yang baik karena mencegah kehamilan, sesuatu yang menurut Anda wajar, maka itu juga adalah perilaku seksual. Menggunakan kondom tidak 100% aman terhadap kehamilan, tapi ia menawarkan perlindungan cukup baik dari kehamilan jika Anda berhubungan seks. Perlindungan terbaik adalah dengan menggunakan pil KB atau depo Provera untuk mencegah kehamilan dan kondom lateks untuk melindungi penularan penyakit. s*x educare yang saya uraikan disini mencoba memberi pemahaman lebih sederhana tentang kehidupan seks, apa yang baik dan tidak baik.