Crossing the Blues

Tuesday, March 22, 2011

Sudahkah Anda Penuhi 4 Hak Tubuh?

LADIES, tubuh Anda tak sepatutnya dipaksa terus bekerja tapi tak dipenuhi hak-haknya. Setidaknya ada empat hak tubuh untuk menjaga fungsinya tetap seimbang, mulai dari olahraga teratur, makanan bernutrisi, istirahat cukup, dan gaya hidup sehat.
Dewasa ini, banyak wanita modern khususnya yang memiliki kesibukan supertinggi, sulit menemukan waktu untuk dirinya. Wanita masa kini tidak saja berkutat dengan urusan rumah tangga melainkan wanita multitasking dengan dua peran sekaligus, baik urusan rumah tangga dengan karier ataupun menjalankan sekolah sambil bekerja. Dengan aktivitas superpadat, wanita sering kali melupakan asupan gizi yang penting untuk tubuh.
“Sering kali, wanita modern melupakan pentingnya menjaga keseimbangan hidup karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Mereka kurang memerhatikan asupan nutrisi yang tepat serta menjalani gaya hidup yang kurang sehat,” kata dr Ida Gunawan MS SpGK, pada talkshow ”Balanced Nutirition for Balanced Life” adidas Women’s Day Out di Four Seasons Hotel, Jakarta, belum lama ini.
Menurut dr Ida, gaya hidup seimbang dipengaruhi oleh empat hal, yakni faktor nutrisi yang tepat, olahraga teratur, istirahat cukup, serta menjaga gaya hidup.
Sebenarnya, nutrisi ideal untuk wanita aktif sama saja dengan pria. Namun, wanita lebih memberikan perhatian pada kecantikan dan kebersihan kulit, tubuh, kesehatan, dan lain-lain. Oleh karena itu, wanita perlu mengonsumsi vitamin dan mineral yang kaya antioksidan secara teratur.
“Kebutuhan nutrisi sangat individual karena dipengaruhi faktor usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, kondisi kesehatan, jenis pekerjaan, dan lain-lain. Namun, secara mudah dapat digunakan beberapa rumus,” tegasnya.
Berikut, beberapa rumus dimaksud:
1. Tentukan dahulu berat badan ideal (BBI) = (TB-100) – 10% (TB-100)
2. Tentukan kebutuhan kalori basal sehari
- Untuk wanita = BBI X 25 KKAL
3. Lakukan koreksi terhadap nilai basal
- Untuk aktivitas ringan +10%, dan seterusnya
4. Distiribusikan dalam kebutuhan
- Karbohidrat = 45-65% dari kebutuhan kalori total
- Protein = 12-20% kebutuhan kalori total
- Lemak = 25 – 30 % kebutuhan kalori total
- Sayuran dan buah-buahan = 5-6 porsi sehari
- Air = 8 gelas/hari
Bila tubuh kekurangan nutrisi seimbang yang dibutuhkan, tentunya bisa memicu penyakit berbahaya. Untuk itu, benar-benar perhatikan menu makanan Anda dengan mengonsumi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
Sumber : okezone