Crossing the Blues

Wednesday, April 6, 2011

12 Cara Sederhana Turun 0,5 Kg Sepekan

(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)
FAKTANYA, jika Anda dapat mengurangi 500 kalori dari porsi makan atau membakar ekstra 500 kalori per hari, Anda dapat kehilangan sekira 0,5 kilogram berat badan dalam sepekan. Namun, apa cara terbaik untuk melakukannya tanpa merasa terobsesi?

Tenang, terdapat strategi jitu yang akan membantu Anda menurunkan berat badan dan membakar lebih banyak lemak sepanjang hari, bahkan tanpa menginjakkan kaki ke gym.

Lihat daftar di bawah ini yang dapat dengan mudah membuang 500 kalori Anda, seperti diulas Fitbie.

Mengukur porsi

Mengukur satu porsi asupan dapat menghemat ratusan kalori dan membantu Anda menyadari makanan apa yang menyumbang kalori lebih banyak. Misalnya, secangkir granola memiliki hingga 600 kalori sedangkan secangkir sereal tinggi serat hanya sekira 120. Ketahui lebih banyak tentang ukuran suatu porsi makanan agar Anda semakin terlatih mengukurnya.

Berjalan

Jangan mengandalkan mobil Anda menuju tempat makan Anda. Berjalanlah selama lima hari karena akan membakar 500 kalori Anda atau bisa dengan berjalan 10.000 langkah setiap hari. Gunakan pedometer untuk menghitung langkah Anda.

Pesan dengan bijaksana

Gunakan hummus atau mustard daripada mayo, dan gulungan untuk roti irisan pada sandwich Anda, karena dapat memotong sekira 200 kalori. Pilihlah salad daripada kentang goreng untuk menyelamatkan tubuh Anda dari 300 kalori.

Kunyah makanan Anda

Perlambat kunyahan Anda saat makan! Bila Anda mengunyah setidaknya 20 kali sebelum menelan makanan, maka Anda akan mengurangi 70 kalori yang masuk. Karena, butuh waktu 20-30 menit untuk tubuh memahami bahwa perut sudah kenyang. Makan lebih lambat memungkinkan Anda untuk sampai ke titik di mana Anda merasa kenyang pada kalori lebih sedikit.

Gunakan piring kecil

Singkirkan piring berdiameter besar dan ganti dengan yang lebih kecil, sebab akan memungkinkan Anda untuk memotong 500 kalori tanpa merasa kehilangan.

Tunggu beberapa menit
Tunggu 20-30 menit untuk Anda mengisi kembali piring dengan makanan. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan lebih sedikit kalori karena membantu hormon kelaparan untuk tidak mengemudi selera makan Anda.

Tinggalkan sedikit di piring

Meninggalkan seperempat dari makanan di piring Anda dapat menyimpan hingga 500 kalori. Meninggalkan beberapa gigitan setiap kentang atau mie bisa memotong hingga 100 kalori.

Makan plus berdiri

Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa membakar hingga 500 kalori ekstra per hari dengan makan sambil berdiri daripada duduk? Cobalah berdiri untuk menelepon, membaca laporan, atau bahkan sekadar menutup pintu ruangan kerja Anda. “Gangguan” ini bertujuan mengurangi konsentrasi Anda hanya pada makanan.

Banyak minum air putih

Singkirkan minuman bersoda untuk menghemat sekira 300 ratus kalori sehari jika Anda minum dua kaleng. Selain itu, minum 20-60 ons air setiap hari juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda sehingga Anda membakar kalori lebih banyak. Selain air putih, sumber cairan lainnya terdapat pada sayuran dan buah.

Olahraga kardio

Lakukan beberapa jenis olahraga kardio, seperti lompat tali atau jogging di tempat yang akan membakar sekira 10 kalori per menit. Anda juga bisa melakukannya selama break iklan televisi.

Tidur cukup

Orang yang tidur malam kurang dari 6 jam sehari akan makan hingga 300 kalori lebih banyak pada siang hari karena kurang tidur memicu produksi hormon lapar (hormon grehlin). Nyatanya, setiap jam tidur tambahan bisa menghemat 100 kalori Anda.

Lakukan tugas rumah

Belanja makanan dan membongkarnya untuk diisi pada tempatnya akan membakar hampir 500 kalori. Masak makan malam juga membakar 136 kalori lebih.