Crossing the Blues

Saturday, May 7, 2011

Ingin Kulit Cerah & Sehat? Jangan Stres!

Cukup tidur untuk kulit sehat. (Foto: Corbis)
Cukup tidur untuk kulit sehat. (Foto: Corbis)
KULIT cerah dan sehat tak didapat begitu saja. Untuk mendapatkan hasil sempurna diperlukan perawatan ekstra serta dibarengi dengan pola hidup sehat.

Memiliki kulit cerah dan sehat tentu menjadi impian semua wanita. Meraihnya, tentu tak ada yang sifatnya instan. Selain ditunjang oleh pemenuhan nutrisi dari dalam, Anda pun perlu memberikan dukungan dari luar yakni menggunakan perawatan dengan produk yang aman. Jika ingin meraihnya, ikuti panduan di bawah ini yang dirilis Healthmeup.

Keseimbangan hormonal

Ini adalah salah satu akar penyebab kulit buruk. Naik dan turunnya produksi hormon akan mendatangkan malapetaka pada kulit Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda konsumsi makanan yang benar dan sehat. Beberapa masalah hormonal pun dapat memicu gangguan kulit. Misalnya saja, masalah hormonal umum seperti PCOS (polycystic ovarian syndrome) yang menyebabkan banyak wanita berjerawat, kulit berminyak, atau kulit tampak gelap dan pigmentasi. PCOS biasanya disebabkan keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh terganggu karena kebiasaan makan mereka dan gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah dengan kulit segera lakukan perawatan kulit secara intensif. Mungkin hal ini perlu melibatkan dokter agar bisa ditentukan dengan cara  yang tepat.

Kurangi peradangan


Peradangan adalah cara di mana tubuh mereka bereaksi terhadap gangguan, baik infeksi, iritasi atau cedera lainnya. Selama periode waktu tertentu, peradangan terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya terbentuk dalam banyak penyakit kronis seperti kelelahan kronis, nyeri sendi kronis, dan kulit buruk yang sudah kronis. Untuk mencegahnya jangan lupa untuk makan banyak sayuran hijau dan makanan berwarna-warni lainnya, serta secara rutin mengonsumsi Omega 3 dan menghindari roti putih, pasta, dan gula.

Konsumsi lemak sehat

Banyak dari kita cenderung menghindari segala bentuk lemak. Umumnya mereka menganggap bahwa konsumsi makanan gorengan adalah penyebab utama dari kulit yang buruk. Meskipun hal ini benar adanya, tapi bukan berarti penciptaan lemak menimbulkan pengaruh yang sama. Makan junk food, trans lemak, dan makanan gorengan lainnya jelas tidah sehat untuk kulit Anda. Demikian juga dengan penganan olahan yang mengandung banyak lemak. Ini sangat buruk akibatnya bagi kulit.

Tapi untuk menghindari semua jenis lemak tentu sangat merugikan dan menyebabkan kulit Anda terlihat pucat dan tidak sehat. Anda dapat mengkonsumsi lemak yang bersahabat seperti alpokat, minyak ikan, minyak zaitun, minyak kelapa, yoghurt penuh lemak dan keju.

Penuhi nutrisi diet Anda

Penuhi lebih banyak nutrisi dalam diet Anda. Untuk memenuhinya, makanlah makanan yang kaya dengan multivitamin, seperti kapsul minyak ikan, vitamin, dan mineral. Konsumsi juga vitamin A, C, E, dan B kompleks serta nutrisi lainnya, seperti seng, asam, alpha-lipoic, dan Omega 3. Vitamin C dan E dikenal memberikan perlindungan ekstra dari sengat matahari dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Vitamin C, D, A dan E, serta asam alpha-lipoic membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat penuaan dan radikal bebas dari sengatan sinar matahari, polusi, dan stres. Lain seperti vitamin A dan seng yang membantu mengatur produksi minyak sehat dan seimbang untuk kulit yang lembut dan lentur tanpa terlalu licin.


Tidur nyenyak dan hindari stres

Pada akhirnya, semua rahasia kulit indah bermuara pada kelangsungan hidup Anda yang sehat dan terbebas dari serangan stres serta memberikan waktu istirahat cukup pada tubuh Anda. Terlalu banyak  mengalami stres bisa menyebabkan gangguan pada hormon atau bahkan peradangan kronis yang pada akhirnya dapat berdampak negatif pada kulit Anda.